Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Destinasi Wisata Grabag Magelang

Wisata Grabag Magelang merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan sejarah yang kaya. Terletak di Jawa Tengah, Grabag menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari sejarah candi hingga pemandangan alam yang indah, Grabag memiliki banyak hal yang dapat dikunjungi. Dalam artikel ini, kami akan mengulas selengkapnya mengenai wisata Grabag Magelang dan apa saja yang dapat dikunjungi di grabag

1. Candi Umbul 

Destinasi Wisata Grabag Magelang

Candi Umbul adalah sebuah pemandian air hangat alami di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pemandian ini merupakan kompleks candi yang memiliki kolam air hangat dan berlokasi di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag. Dapat ditempuh dari jalan utama Magelang-Semarang dengan jarak sekitar 19 kilometer dari Kota Magelang. Pengunjung dapat mandi air hangat dan berfoto di kompleks candi ini dengan harga tiket Rp5.000 per orang dan jam buka dari pukul 06.00-17.30 WIB. Waktu yang pas untuk berkunjung adalah pagi hari saat hari kerja.

Selain mandi air hangat, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam sekitar dan mengunjungi situs peninggalan sejarah yang terdapat di dalam kompleks candi. Candi Umbul dipercayai merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno dan merupakan tempat yang cocok untuk mencari kedamaian dan menyegarkan pikiran. Pemandian ini juga merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Jika ingin mengunjungi Candi Umbul, pastikan untuk mengikuti petunjuk arah yang tersedia dan mengikuti jam buka yang telah ditentukan.

2. Telaga bleder

Destinasi Wisata Grabag Magelang

Wisata Telaga Bleder meruapakan sebuah objek wisata alam yang sangat menarik di Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini salah satu destinasi wisata keluarga yang nyaman dan mudah diakses oleh kendaraan. Telaga Bleder terbentuk dari sumber mata air yang ada di kawasan tersebut, yang mengairi sebuah cekungan yang membentuk sebuah telaga atau danau.

Daya tarik utama dari Telaga Bleder adalah sajian tema wisata alamnya. Telaga Bleder berada di kawasan alam terbuka, dengan panorama gunung Andong yang begitu jelas. Telaga Bleder memang tidak terlalu luas, namun keberadaan pepohonan yang mengelilinginya semakin menambah nilai keasriannya. Air Telaga Bleder berwarna hijau, dan airnya tenang. Di sisi lain, terdapat kolam ikan tepat di depan sebuah gazebo. Anak-anak biasanya sangat senang berada di spot tersebut untuk memberi makan ikan-ikan.

Rute menuju Telaga Bleder bisa dimulai dari Magelang. Ambil jalan ke arah Semarang, sesampainya di pertigaan Secang ambil jalan yang lurus lagi, sampai pertigaan ambil ke kanan – Ikuti jalan ini sampai Pasar Grabag. Di perempatan Pasar Grabag, ambil jalan yang lurus. Sesampainya di jalan berbentuk huruf Y, pengunjung bisa ambil jalan ke kiri. Ikuti jalan ini sampai ketemu pintu masuk Telaga Bleder.

Fasilitas di Telaga Bleder sudah cukup memadai untuk kategori fasilitas primer seperti area parkir, toilet, rumah makan, gazebo, area trekking, dan ragam wahana. Harga tiket masuk Telaga Bleder cukup terjangkau, yaitu Rp. 7.000 per orang untuk dewasa, Rp. 6.000 untuk anak-anak, Rp. 10.000 sewa becak air, Rp. 20.000 sewa perahu, Rp. 5.000 untuk tiket parkir mobil, dan Rp. 2.000 untuk tiket parkir motor.

3. Air Terjun Sekar Langit 

Air Terjun Sekar Langit adalah salah satu tempat wisata alam di kecamatan grabag yang terletak di lereng Gunung Telomoyo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Meskipun jarang dikunjungi, air terjun ini memiliki keindahan yang tak kalah menarik dibandingkan air terjun lainnya. Ketinggian air terjun ini sekitar 25 meter dengan debit yang cukup tinggi sehingga selalu mengalir tanpa dipengaruhi musim.

Salah satu daya tarik dari Air Terjun Sekar Langit adalah mitos Jaka Tarub yang melegenda. Menurut legenda, telaga di dekat air terjun ini adalah tempat dimana Jaka Tarub mengintip serta mencuri selendang dari salah satu bidadari cantik yang tengah mandi di telaga. Hal ini menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke air terjun ini dan melihat lebih dekat air terjun legendaris ini.

Suhu udara di kawasan wisata ini sangat sejuk dengan air yang jernih. Pada akhir pekan, kawasan wisata ini dipenuhi oleh wisatawan yang memang sengaja datang untuk berlibur menenangkan diri di kawasan air terjun. Banyak wisatawan yang duduk-duduk di atas batu sambil menikmati udara yang sejuk. Suara gemuruh dan air yang jernih mengundang beberapa wisatawan untuk mandi dan bermain air.

Rute menuju Air Terjun Sekar Langit dari pusat kota Magelang adalah dengan menuju Secang, kemudian ikuti papan petunjuk arah menuju Grabag pada sebuah persimpangan jalan. Dari sana, ikuti jalan tersebut lurus hingga menemui perempatan Pasar Grabag. Dari perempatan Pasar Grabag, ambil jalan ke arah kiri (Jalan Grabag-Ambarawa) kemudian ada sebuah pertigaan kecil belok ke arah kanan. Perlahan-lahan jalan mulai menanjak dan pada sebuah tikungan akhirnya tiba di area parkir Air Terjun Sekar Langit. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi air terjun ini dan menikmati keindahan alam yang luar biasa.

4. Sunan Geseng

Wisata Religi Makam Sunan Geseng di Grabag Magelang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi saat berada di Magelang. Makam ini berada di Dusun Tirto, Desa Tirto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Makam ini sangat indah dan cocok untuk mengisi liburan anda. Sunan Geseng, atau Eyang Cakrajaya, adalah murid Sunan Kalijaga dan merupakan keturunan Imam Ja'far ash-Shadiq. Makam ini dipercayai sebagai makam Sunan Geseng oleh masyarakat sekitar dan setiap tahun diadakan perayaan untuk menghormatinya. Fasilitas yang tersedia di Wisata Religi Makam Sunan Geseng di Grabag Magelang Jawa Tengah meliputi area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, warung makan, dan lainnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Wisata Religi Makam Sunan Geseng di Grabag Magelang Jawa Tengah.

5. Toek Udal

Tuk Udal, sebuah destinasi wisata alam di kecamata Grabag yang belum banyak dikunjungi. Kolam mata air besar yang jernih ini terletak di Desa Lebak Kecamatan Grabag. Desa ini dikenal memiliki banyak sumber air, termasuk prasasti Tuk Mas yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno. Untuk mencapai Tuk Udal, Anda harus melewati perjalanan yang cukup sulit dengan kendaraan roda dua dan menyusuri pematang sawah. Namun, perjuangan tersebut terbayar dengan pemandangan sawah hijau yang indah dan beberapa gunung yang terlihat dari area sawah. Air di Tuk Udal sangat jernih dan segar, bahkan bisa langsung diminum. Tempat ini asri, tersembunyi, dan teduh, dan sangat cocok untuk berenang dan menyegarkan badan. Tuk Udal adalah surga air tersembunyi yang patut dikunjungi di Kabupaten Magelang.

Demikian tentang destinasi wisata di grabag magelang jawa tengah semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "5 Destinasi Wisata Grabag Magelang "