Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berwisata Ke Candi Gedong Songo Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan

Pemandangan Wisata candi gedong songo
Candi Gedong Songo merupakan Candi peninggalan kerajaan Hindu yang berada di lereng Gunung Ungaran tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Nama Gedong Songo berasal dari bahasa jawa yaitu Gedhong yang artinya bangunan dan Songo artinya sembilan. Candi ini dibangun pada tahun 927 Masehi berada di ketinggian 1200 mdpl suhu lingkungan berkisar antara 19-27 derajat Celcius.

Candi Gedong Songo mirip dengan bangunan Candi lain yang berada di dataran tinggi Dieng yaitu Candi Arjuna. Selain itu, terdapat bangunan yang mirip di daerah Temanggung yaitu Candi Pringapus.

Yang membedakan Candi Gedong Songo dengan Candi yang mirip tersebut adalah antar komplek satu dengan yang lain terpisah dengan ketinggian. Meskipun Candi Gedong Songo memiliki arti sembilan bangunan Candi namun tidak tahu pasti apakah antara Candi satu dengan yang lainnya bertingkat sembilan. Karena jika dihitung hanya terdapat 5 komplek dengan jumlah masing masing komplek memiliki bangunan Candi yang berbeda. Jika dihitung secara keseluruhan beserta reruntuhan bisa lebih dari sembilan Candi.

Selain sebagai wisata sejarah komplek Candi Gedong Songo juga cocok dijadikan sebagai wisata alam. Mengeksplorasi antara Candi satu ke yang lain sepanjang jalan kita disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Terutama pada saat kita sampai pada komplek ketiga.  kita bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Andong dan Gunung Telomoyo.

Karena bangunan ini tersebar maka jika menempuh dengan jalan kaki membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menyambangi seluruh bangunan Candi. Ada pilihan bagi Anda yang tidak ingin kelelahan mencapai Candi paling atas yaitu dengan berkuda yang didampingi pemandu.

Hal ini bisa Anda dapatkan setelah pintu masuk biasanya akan ada beberapa orang pemandu yang menawarkan jasa berkuda berkeliling ke seluruh komplek. Tentu ada biaya tersendiri untuk mengendarai kuda.

Harga tiket masuk candi gedong songo

Harga tiket masuk Candi Gedong Songo berubah ubah yaitu pada hari biasa harga tiket 10.000 sedangkan pada hari libur harga tiket masuk Candi Gedong Songo menjadi 15.000 ini belum termasuk jika Anda menyewa kuda.

Anda bisa berkunjung ke Candi Gedong Songo kapan saja karena buka setiap hari dari jam 06:00 pagi dan tutup pada jam 17.00 sore.

Jalan menuju Candi Gedong Songo 

Candi Gedong Songo ini tersebar di lereng Gunung Ungaran maka tidak heran untuk menuju lokasi harus menempuh jalanan naik dengan kemiringan sangat curam hingga mencapai 40 derajat terutama ketika telah sampai di dekat pintu masuk. Untuk itu Anda perlu menggunakan kendaraan yang benar benar fit agar tetap aman melintasi jalan menuju Candi Gedong Songo.

Bagi Anda yang datang rombongan menggunakan bus kapasitas besar telah disediakan angkutan pick up dari terminal gedong songo tepatnya di sebrang jalan pom bensin Bandungan.

Ketika Anda memilih untuk menggunakan jalur dari Ambarawa Anda akan menempuh sekitar 15 km. Jika Anda datang dari arah ungaran langsung masuk ke jalur Ungaran-Bandungan harus menempuh jarak 25 km.

Masuk Candi Gedong Songo 

Setelah pintu masuk pembelian tiket kemudiandiberikan kepada petugas jaga, Anda akan bertemu dengan beberapa orang yang menawarkan kuda, tetapi bisa juga berjalan kaki menuju ke seluruh bangunan Candi.  Tentu ini akan melelahkan bagi Anda yang tidak biasa dengan aktivitas fisik. Untuk itu Anda bisa menyewa kuda  Kuda yang Anda kendarai akan dituntun oleh pemandu berpengalaman.

Namun Anda perlu tahu bahwa jalur kuda sampai bangunan paling atas terbilang ekstrim. ini juga bisa memicu adrenalin Anda saat menaiki seekor kuda. Tapi tenang saja karena pemandu sudah berpengalaman dengan kuda yang Anda tunggangi. mereka akan menuntun kuda yang Anda kendarai sampai tujuan turun dan naik.

Pada komplek bangunan Candi paling atas terdapat sebuah lapangan luas yang bisa digunakan sebagai lapangan berkuda. Anda bisa belajar mengendarai kuda di lapangan tersebut. dari ketinggian ini juga kita bisa melihat luasnya danau rawa pening yang ada di Ambarawa.

Namun Anda yang suka dengan aktivitas fisik hiking adalah cara terbaik untuk explorasi ke semua komlek bangunan yang tidak bisa Anda tempuh ketika Anda mengendarai kuda.

 

plang penunjuk arah candi gedong songo
plang penunjuk arah candi gedong songo

Spot favorit di Candi Gedong Songo adalah spot bangunan dengan Candi gedong 3 dan 4. tepatnya jika dari bawah sebelum lembah belerang. Anda bisa mengabadikan momen terbaik dengan latar belakang Candi dan juga landscape Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo dan Andong. 

spot foto candi gedong songo
wisatawan berkuda ditemani pemandu di atas candi gedong 3-4

Sebuah rahasia yang kadang wisatawan tidak tahu kalau ada patung hanoman di candi gedong songo letaknya tersembunyi di area hutan pinus tepatnya di atas candi 4 ada jalan setapak menuju patung hanoman. Karena tempatnya di dalam semak belukar tidak di sarankan untuk melihat patung ini karena beberapa orang menganggap patung ini sangat angker.

Oleh-oleh wisata Candi Gedong Songo

Oleh oleh bisa anda dapatkan di sepanjang pintu keluar wisata. Disana ada banya pernak  pernik dan jajanan. Mungkin yang menarik bagi anda adalah tanaman hias. Bahkan sepanjang jalan anda mendapati berbagai macam tanaman bunga dari Bandungan sampai jalan menuju wisata Gedong Songo.

Sekarang Anda sudah memiliki gambaran ketika akan mengunjungi Candi Gedong Songo. Apa saja yang perlu dipersiapkan dan apa saja yang perlu diperhatikan. Anda harus mempersiapkan bajet dan kendaraan yang mumpuni untuk sampai ke Candi Gedong Songo. Jalan menuju ke sana sudah aspal bagus hanya saja tanjakannya curam.

Satu hal yang meski dipatuhi ketika berada di kawasan tersebut haruslah sopan santun dijaga karena tempat tersebut merupakan tempat sakral bagi yang beragama Hindu.

Ada berbagai mitos yang beredar di masyarakat bahwa ketika membawa pacar ke candi Gedong Songo bisa terancam putus. Ini ada baiknya, karena memang di sini merupakan kawasan sebagian besar adalah semak belukar dan hutan pinus yang kadang di salah gunakan.

Demikian semoga bermanfaat!!!

Posting Komentar untuk "Berwisata Ke Candi Gedong Songo Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan"