Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tiket Masuk Puncak Botorono Terbaru

wisata temanggung Tiket Masuk dan Keindahan Puncak Botorono 2022

Puncak Botorono adalah sebuah objek wisata alam yang menakjubkan berada di antara dua gunung ikonik, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, di Temanggung. Puncak Botorono menawarkan pemandangan luar biasa dari daerah kecamatan Parakan dan Kledung yang dapat dinikmati dari ketinggian puncak. Ini adalah daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Puncak Botorono.

Untuk mencapai Puncak Botorono, Anda dapat datang dari arah Magelang-Temanggung dengan memilih jalur ke Parakan atau dari arah Wonosobo dengan singgah di daerah Petarangan Kecamatan Kledung. Puncak Botorono terletak di jalur Temanggung-Wonosobo, di mana ketika Anda sampai di daerah Parakan, Anda dapat melihat bukit Botorono dari kejauhan.

Setelah melewati gerbang Botorono, Anda harus menempuh jalan menuju Puncak Botorono yang menurun dan kemudian naik melewati pemukiman warga desa Petarangan. Jika Anda membawa roda empat, Anda harus berhenti di pemukiman tersebut karena jalan sempit tidak memungkinkan untuk melewati. Setelah melewati pemukiman, Anda akan tiba di tempat pembelian tiket dan mulai menempuh perjalanan menuju puncak bukit Botorono.

Jika Anda membawa mobil, Anda harus menyewa ojek dari bawah.

Bagaimana jika menggunakan motor sampai parkir di atas?

Jalan menuju puncak Botorono sangat memungkinkan kita untuk sampai lokasi parkir atas dengan menggunakan motor, namun pastikan untuk mengunakan motor yang fit untuk menanjak dan lebih penting lagi, pastikan rem motor anda berfungsi dengan baik untuk menurun. Namun, perjalanan menuju puncak Botorono tidak selalu mudah, terutama jika anda tidak terbiasa dengan tanjakan yang cukup curam dan tajam.

Ada dua tanjakan berbahaya yang harus diwaspadai saat menuju puncak Botorono, yaitu tanjakan 45 derajat sambil menikung dan di sampingnya terdapat jurang. Bagi yang tidak terbiasa dengan kondisi seperti ini, disarankan untuk menyewa ojek seharga 5000 rupiah saja. Dengan demikian, anda bisa menghindari risiko naik dan turun dengan tepian jurang yang cukup berbahaya.

Selain itu, saat musim hujan, jalan menuju puncak Botorono menjadi semakin berbahaya. Jalan beton yang digunakan saat menuruni bukit harus dilalui dengan pelan, karena jika tidak, anda bisa tergelincir ketika rem mendadak setelah sampai pada turunan yang menukik.

Baca juga: update Wisata Temanggung terbaru

Harga tiket masuk puncak Botorono

Tiket masuk ke puncak botorono dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah per orang. Selain itu, biaya parkir motor juga dikenakan sebesar 3000 rupiah. Semua biaya ini dapat dibayarkan di lokasi pos ojek yang tersedia.

Untuk Anda yang ingin menyewa jasa ojek, harga yang dikenakan adalah 5000 rupiah untuk perjalanan dari pos ojek menuju kawasan wisata dan juga 5000 rupiah untuk perjalanan pulang. Dengan begitu, biaya pergi pulang menjadi sebesar 10.000 rupiah.

harga tiket masuk botorono

Saya, yang berasal dari orang dusun berbukit, biasa melewati jalur semacam ini. Meskipun Saya merasa khawatir menggunakan ban tubles karena ban tersebut rawan tergelincir pada jalan beton badan dan berlumut, Saya tetap terbiasa dengan jalur tersebut. Namun, Saya beruntung karena Saya turun setelah hujan deras reda, sehingga jalur tidak terlalu licin. 

Baca juga: Embung kledung temanggung dan harga tiket

Spot foto Puncak Botorono

Saat sampai di tangga pertama, Saya disuguhkan dengan aquarium besar yang di dalamnya ada berbagai jenis ikan dan pancuran untuk cuci muka dan tangan dari sumber air asli gunung botorono. Saya juga dapat mengunjungi spot foto di puncak botorono di desa Petarangan, Kecamatan Kledung. Saya mulai naik dari parkiran tulisan botorono kecil di bagian bawah dan besar di bagian atas.

Pengelola Botorono menyediakan beberapa spot foto. Dari anak tangga pertama, kita dapat mengambil foto di depan aquarium besar dengan latar tulisan Botorono.

Puncak Botorono di Desa Petarangan Kecamatan Kledung sakral bagi masyarakat sekitar. Kita harus mematuhi peraturan yang berlaku, seperti mengucap uluk salam bagi yang beragama muslim dan berlaku sopan selama di puncak Botorono.

Pemandangan alam di puncak Botorono sangat menarik. Jika beruntung, kita akan disuguhkan pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing karena letak bukit botorono di antara keduanya saat hari cerah.

Baca juga: Keindahan embung bansari temanggung terbaru 2022

Video suasana Puncak Botorono 

Road Trip Kali ini menuju tempat di desa Petarangan, Kledung, Temanggung. Desa ini memiliki sebuah bukit unik tepat berada diantara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Bukit yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan bukit petarangan. Atau sekarang lebih terkenal dengan Puncak Botorono. 

Yang unik dari puncak Botorono ini adalah kita bisa mendaki puncak lebih ringan dengan menggunakan jasa ojek atau bisa menggunakan kendaraan roda dua dari bawah bukit.

Sebuah catatan bahwa jalan menuju parkiran atas sangat curam sehingga ketika saya sehabis hujan kesana saat naik atau turun takut sekali tergelincir. dimana samping jalan adalah jurang. 

Tapi karena saya sudah terbiasa sebagai orang perbukitan, jalan semacam ini masih saya anggap biasa. Kecuali saya menggunakan motor matic, mungkin akan berpikir dua kali untuk melintasi jalan curam. 

Setelah sampai di parkiran atas, kita harus menaiki anak tangga berwarna biru untuk sampai di puncak bukit. Ornamen bendera putih di sepanjang anak tangga menambah estetika ketika pengambilan foto untuk kebutuhan instagram. Komposisi tangga warna biru, bendera putih di sepanjang jalan, tempat ini didesain agar terlihat menarik dan instagramable. 

Sunyi dan asri dua kata untuk mendeskripsikan tempat ini. saya berkunjung ketika suasana habis hujan sehingga pengunjung sedang sepi, dari sini saya mendapatkan pengalaman dan merasa tempat ini milik sendiri­čśä. 

Beberapa orang mulai berdatangan ketika menjelang sore, beberapa memang sengaja berkunjung ke bukit ada beberapa yang hanya sekedar mampir karena kebetulan lewat. 

Bagi anda yang mengajak anak kecil agar selalu mengawasi karena tempat ini tidak dianjurkan untuk bermain anak. Anak tangga yang sedikit curam dan tebing yang sangat tinggi maka tempat ini sebenarnya tidak cocok untuk anak-anak. 

Banyak spot foto yang bisa kita gunakan untuk mengabadikan momen di Botorono ; ayunan, tulisan sampai dengan beberapa kursi estetik untuk dijadikan tempat berfoto. 

Berkunjung ke tempat ini saat hujan mungkin tidak tepat, jalan yang curam bisa saja mengancam keselamatan jika anda tidak lihai dalam mengendarai sepeda motor. entah naik atau turun sama berbahayanya.

 Jika anda penggemar hiking mungkin bisa saja untuk memilih berjalan kaki sampai ke atas meskipun itu sangat melelahkan dan memakan waktu. 

Dengan menyewa ojek kita bisa membantu perekonomian warga sekitar. Dan Utamakan keselamatan.

Singgah sejenak di gardu pandang sampai sore, menikmati suasana alam dan mencari inspirasi untuk tulisan. Mendengar berbagai aktivitas manusia di bawah bukit, dan merasakan angin berhembus perlahan membelai kesunyian. 

gardu pandang ini sangat nyaman dan kokoh karena dibuat dari besi bukan bambu. dengan dicat ornamen warna warni menambah estetika di puncak botorono. Kita bisa bersantai di sini, tersedia beberapa kursi plastik untuk melihat kegagahan sindoro sumbing. 

Dari puncak botorono ini kita dapat melihat pemukiman khas di lereng gunung. Pemukiman padat bertingkat terasering. Pemukiman ini berada di lereng kaki gunung Sumbing. 

Posting Komentar untuk "Tiket Masuk Puncak Botorono Terbaru"