Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

86 Destinasi Wisata Jogja dari sejarah sampai kekinian ada di sini

Yogyakarta adalah sebuah kota yang sangat istimewa, yang memiliki berbagai sebutan seperti Jogja, Yogya, Jogjakarta, Ngayogyakarto, dan Yojo. Yojo adalah sebutan yang digunakan oleh masyarakat Jawa ketika tidak bisa mengucapkan Yogyakarta. Namun, perlu diingat bahwa penyebutan bukan Yojo, tetapi Yowjo.

Di Yogyakarta, terdapat berbagai istilah yang melekat pada kota ini, seperti Kota Seniman, Kota Gudeg, Kota Pelajar, dan masih banyak lagi. Dapat dikatakan bahwa Yogyakarta adalah kota yang istimewa dan memiliki sejarah, kenangan, budaya, peradaban, alam, serta angkringan yang khas. Hal ini menjadikan Yogyakarta sebagai kota pelajar yang dikunjungi oleh berbagai suku dan ras.

Kota yang indah ini, menyimpan berbagai warisan budaya yang sangat berharga, baik itu dari segi arsitektur, seni, maupun adat istiadat. Pemandangan alamnya yang indah juga menambah keistimewaan Yogyakarta. Anda pasti akan merasa terpesona dengan keindahan kota ini dan pasti ingin kembali untuk mengunjunginya kembali.

Jika anda ingin mengunjungi kota yang istimewa ini, pastikan untuk menyediakan waktu yang cukup karena pasti akan banyak hal yang ingin anda lihat dan rasakan. Yogyakarta pasti akan membuat kenangan yang tak terlupakan dalam hidup anda.

Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata murah, dengan berbagai pilihan kuliner, penginapan, oleh-oleh, sampai dengan biaya masuk ke objek wisata yang terjangkau. Selain itu, wisata di Yogyakarta juga menawarkan cerita dan filosofi budaya Jawa yang sangat kental, yang dapat kita lihat dari arsitektur di daerah Malioboro dan sekitarnya.

Arsitektur kolonial yang ada di Kota Jogja, memberikan pemandangan yang sangat menarik dan menarik perhatian para wisatawan. Sejarah perjuangan pribumi juga ikut serta dalam membuat kota Jogja menjadi kota yang sangat kaya akan sejarah. Banyak wisatawan yang merasa rindu ketika kembali ke Jogja, seolah-olah pulang ke kampung halaman.

2023 merupakan tahun yang menarik untuk mengunjungi Jogja, karena banyak destinasi wisata yang sangat populer akan segera dibuka. beberapa destinasi wisata yang paling populer di Jogja seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, Taman Sari, Kraton Jogja, dan masih banyak lagi. Anda pasti akan menemukan banyak keindahan dan kenangan yang tak terlupakan saat mengunjungi Jogja.

Sebenarnya berkunjung ke Jogja lebih tepat kita trip dan explore, ada banyak wilayah tersembunyi tentang budaya lokal, wisata alam, dan berbagai seni Jogja. Namun ketika anda memiliki waktu singkat untuk berkunjung maka berikut ini mungkin sangat cocok untuk anda kunjungi di hari libur anda di Yogjakarta berdasar pada tingkat popularitas penilaian melalui google.

1. Jalan Malioboro

Jalan-jalan ke Yogyakarta tak akan pernah lengkap tanpa mengunjungi Malioboro. Jalan ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di kota ini. Bagi anda yang memiliki waktu terbatas, seputaran Malioboro adalah pilihan yang tepat.

Malioboro menawarkan berbagai macam pengalaman menyenangkan, mulai dari berbelanja oleh-oleh khas Yogyakarta, menikmati kuliner lezat, hingga menyewa becak untuk menikmati suasana malam. Di sini, anda dapat menemukan berbagai jenis oleh-oleh khas Yogyakarta, seperti batik, keramik, hingga aneka makanan khas seperti gudeg.

Tak lengkap rasanya jika anda mengunjungi Yogyakarta tanpa singgah di jalan Malioboro. Di sini, anda akan disuguhi suasana yang menyenangkan dan penuh warna. Anda dapat berfoto di plang jalan Malioboro, menikmati suasana malam yang sangat indah, sambil menikmati makanan yang lezat.

Jadi, jangan ragu untuk jalan-jalan di seputaran Malioboro saat anda mengunjungi Yogyakarta. Anda pasti akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

2. Kampung Wisata Taman Sari

Kampung Wisata Tamansari adalah sebuah kampung yang terletak di kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Nama kampung ini konon berasal dari nama Pesanggrahan Tamansari.

Lokasinya sangat strategis, kampung ini berada di dekat Obyek Wisata Tamansari (Water Castle) dan merupakan bagian dari kawasan besar Kraton Kasultanan Yogyakarta. Karena itu, Kampung Wisata Tamansari memiliki fungsi sebagai penyangga kawasan Obyek Wisata Tamansari dan Kraton Yogyakarta. Selain itu, kampung ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah dan budaya Yogyakarta.

3. Keraton Yogyakarta

Yogyakarta memang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sejarah dan budaya, dan salah satu tempat yang paling penting untuk dikunjungi saat berwisata di kota ini adalah Keraton Yogyakarta. Keraton ini merupakan residensi resmi Sultan Yogyakarta dan merupakan salah satu tempat yang paling penting dalam sejarah dan budaya Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena tempat ini memiliki sejumlah fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung seperti tempat parkir yang luas, ruang-ruang yang dapat digunakan untuk berkumpul, serta banyak sekali peninggalan sejarah yang dapat ditemukan di sekitar keraton.

Walaupun keraton ini merupakan tempat yang sangat penting dalam sejarah dan budaya Yogyakarta, tidak perlu khawatir karena keraton ini tidak jauh dari beberapa tempat wisata lainnya yang ada di kota ini seperti Malioboro, Tamansari, dan lainnya. Bagi anda yang ingin mengeksplor kota Yogyakarta lebih jauh, anda juga dapat mengunjungi daerah-daerah plosok Jogja yang memiliki keunikan tersendiri. Namun pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengunjungi keraton karena ada beberapa aturan yang harus diikuti seperti harus memakai pakaian yang sopan dan tidak boleh berfoto di beberapa tempat tertentu.

4. Museum Benteng Vredeburg

Jika kita melintasi jalan Malioboro, disepanjang jalan tersebut sampai titik nol kilometer tidak hanya berdiri bangunan pertokoan melainkan pula bangunan peninggalan masa kolonial, salah satunya Benteng Vredeburg. Benteng Vredeburg merupakan salah satu bangunan yang menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di Yogyakarta semenjak pemerintah kolonial Belanda masuk ke Yogyakarta.

Benteng Vredeburg adalah salah satu bangunan peninggalan kolonial Belanda yang terletak di Yogyakarta. Benteng ini terletak di Jalan Malioboro, sepanjang jalan tersebut sampai titik nol kilometer. Bangunan ini merupakan saksi bisu peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di Yogyakarta semenjak pemerintah kolonial Belanda masuk ke Yogyakarta.

Benteng Vredeburg dibangun pada tahun 1765 oleh Gubernur Jenderal Van Imhoff dengan tujuan sebagai tempat untuk mengamankan kota Yogyakarta dari serangan musuh. Bangunan ini menjadi salah satu tempat yang penting dalam sejarah Yogyakarta, karena di sini banyak terjadi peristiwa bersejarah seperti pertempuran antara pasukan Belanda dan pasukan pemberontak pada tahun 1948 dan juga di benteng ini berlangsung proses pengambilan sumpah pemerintah yang baru setelah dibebaskannya Yogyakarta dari Belanda.

Sekarang, Benteng Vredeburg sudah tidak lagi digunakan sebagai tempat pertahanan melainkan digunakan sebagai museum yang menyimpan berbagai benda-benda bersejarah dan juga sebagai tempat wisata yang menarik bagi wisatawan.

Pengunjung dapat mengunjungi museum dan mengetahui lebih jauh tentang sejarah Yogyakarta. Dan dari atas benteng pengunjung dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta yang indah.

5. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka adalah sebuah taman satwa yang terletak di daerah Yogyakarta, Indonesia. Secara harfiah, nama "Gembira Loka" berarti "tempat bahagia." Taman satwa ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX dengan tujuan untuk mengembangkan tempat yang dulu digunakan sebagai tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu taman satwa publik.

Taman satwa ini terletak di daerah aliran Sungai Gajah Wong dan memiliki lahan seluas 22 hektare, di mana separuhnya adalah hutan lindung. Ada lebih dari 100 spesies satwa yang dapat ditemukan di sini, di antaranya 61 spesies flora.

Akses ke Gembira Loka sangat mudah dengan angkutan umum dan kendaraan pribadi. Pada awalnya, taman satwa ini didirikan dengan beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasal dari lereng Gunung Merapi yang hutan-nya terbakar akibat awan panas.

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Gembira Loka adalah mengajak keluarga terutama untuk mengenalkan anak-anak ke berbagai jenis satwa yang ada di sini. Ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menambah pengetahuan tentang berbagai jenis satwa yang ada di alam.

6. Tugu Jogja

Tugu Yogyakarta adalah sebuah monumen yang menjadi simbol atau lambang dari kota Yogyakarta. Monumen ini terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo, tepatnya di tengah kota.

Tugu Yogyakarta memiliki nilai simbolis yang penting karena merupakan garis yang dipercayai memiliki kekuatan magis yang menghubungkan beberapa tempat penting di sekitar Yogyakarta, seperti Pantai Parangtritis, Panggung Krapyak di Kabupaten Bantul, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi di Kabupaten Sleman.

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Tugu Yogyakarta adalah membuat memo dengan icon kota Yogyakarta dengan mengabadikan moment tersebut melalui foto dan video. Tugu ini menjadi tempat yang populer untuk dijadikan latar belakang dalam berfoto dan menjadi spot yang wajib dikunjungi saat berwisata ke jogja.

7. Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pasar Beringharjo adalah pasar tertua di Yogyakarta yang memiliki nilai sejarah dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dari Keraton Yogyakarta. Pasar ini juga memiliki arti harfiah sebagai "hutan pohon beringin" yang diharapkan memberikan kesejahteraan bagi warga Yogyakarta.

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Pasar Beringharjo adalah berjalan-jalan dan menikmati suasana pasar yang seolah-olah sebagai pameran seni dan budaya khas Yogyakarta. Pengunjung dapat menemukan berbagai produk tradisional yang ditawarkan di sini seperti batik, kerajinan tangan, makanan khas, dan lainnya.

Selain itu, Pasar Beringharjo juga merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja. Anda akan menemukan berbagai macam produk dengan harga yang relatifmurah dan bervariasi. Dari produk tradisional seperti batik, kerajinan tangan, hingga produk-produk modern seperti pakaian, aksesoris, dan peralatan rumah tangga. Anda juga dapat menemukan berbagai jenis makanan khas Yogyakarta seperti Gudeg, Tengkleng, dan lain-lain.

Pasar Beringharjo ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Yogyakarta, karena pengalaman berbelanja di sini akan menjadi sangat menyenangkan dan tidak akan terlupakan. Jangan lupa untuk membawa uang cash dan bernegosiasi dengan pedagang di sana untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

8. Museum Sonobudoyo

Museum Negeri Sonobudoyo adalah salah satu museum yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Museum ini merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah pada Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan fungsi pengelolaan benda museum yang memiliki nilai budaya ilmiah, termasuk koleksi pengembangan dan bimbingan edukatif kultural. Museum ini bertugas untuk mengumpulkan, merawat, melakukan pengawetan, melaksanakan penelitian, pelayanan pustaka, bimbingan edukatif kultural serta penyajian benda koleksi Museum Negeri Sonobudoyo.

Museum Negeri Sonobudoyo dibuka untuk umum pada beberapa hari dalam seminggu. Jam buka dari Selasa hingga Kamis yaitu pukul 08:00 WIB - 15:30 WIB , Jumat pukul 08:00 WIB - 14:00 WIB, dan Sabtu dan Minggu pukul 08:00 WIB - 15:30 WIB. Museum ini berlokasi di Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Museum ini menyajikan koleksi yang beragam, dari seni dan budaya tradisional sampai sejarah dan arkeologi. Ada banyak benda-benda penting dan bersejarah yang dapat dilihat dan dipelajari di sini. Jika anda berminat dengan sejarah dan budaya Yogyakarta, Museum Negeri Sonobudoyo adalah tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi.

9. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah taman wisata yang menawarkan kombinasi wisata rekreasi dan edukasi. Taman ini terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, di kawasan Benteng Vredeburg.

Di Taman Pintar Yogyakarta, pengunjung dapat menemukan berbagai pameran dan permainan edukatif yang diperuntukkan bagi anak-anak. Pameran ini menampilkan tema-tema yang beragam seperti ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

Permainan-permainan yang tersedia dalam taman ini juga di desain untuk menyenangkan dan meningkatkan wawasan anak-anak. Dengan cara yang menyenangkan seperti simulasi, praktik, dan interaktif, taman ini menyajikan ilmu pengetahuan yang menyenangkan.

Taman Pintar Yogyakarta adalah pilihan yang tepat bagi keluarga yang ingin berwisata dengan anak-anak, karena memberikan pengalaman yang menyenangkan serta membawa ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak.

10. Jogja National Museum

Jogja National Museum (JNM) adalah sebuah oase seni yang menyimpan koleksi karya seniman Indonesia terbaik di bawah naungan Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara (YSSN). Museum yang berlokasi di Jalan Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta ini memiliki luas 1,4 ha dan memiliki sejarah yang kaya. Sebelum menjadi museum, bangunan ini pernah menjadi kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (sekarang Institut Seni Indonesia Yogyakarta) yang membuat tempat ini menjadi sumber inspirasi bagi para seniman.

Di dalam museum ini terdapat berbagai ruang pamer yang memiliki koleksi berbeda-beda, seperti Ruang Fine Art Museum Gallery, Pendopo Ajiyasa, Ruang Seni Situs Patung, dan Ruang Situs Kriya. JNM juga menyediakan galeri khusus bernama Gallery for Citizens yang dapat digunakan oleh para seniman pemula untuk mengadakan pameran secara gratis. Selain ruang pamer, JNM juga menyediakan fasilitas seperti JNM Art Shop dan kantin Situs Kriya. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, JNM menjadi tujuan wisata yang cocok bagi para penikmat seni dan para seniman.

Alamat: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

11. Jalan Alun Alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau Alun-Alun Selatan adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Alun-Alun ini juga dikenal dengan nama Alun-Alun Pengkeran atau Alun-Alun Belakang, karena lokasinya berada di dalam benteng keraton.

Di Alun-Alun Kidul, terdapat pohon ikonik yang dipercaya memiliki makna spiritual. Pohon yang pertama adalah Supit Urang yang dikelilingi dengan ornamen yang berupa bulatan dan bentuk busur, yang disebut dengan Ringin Kurung. Kemudian ada pohon Pakel (mangga) dan Pohon Kweni, yang dipercaya melambangkan kedewasaan (akil baligh) dan keberanian (wani).

Alun-Alun Kidul berukuran sekitar 150×150 meter dan memiliki lima bukaan sebagai jalan masuk dan keluar. Kelima jalan tersebut, yaitu Jl. Langenastran Kidul, Jl. Langenastran Lor, Jl. Ngadisuryan, Jl. Patehan Lor, dan Jl. Gading, dipercayai melambangkan indera manusia.

Fungsi utama dari Alun-Alun Kidul adalah sebagai tempat latihan prajurit keraton dan tempat pemeriksaan pasukan sebelum acara Garebeg.

Selain itu Alun-Alun Kidul menjadi tempat untuk berjalan-jalan sambil menikmati suasana sejarah khas keraton, serta membuat memori bersama keluarga dan teman.

12. Jalan Sosrowijayan

Jalan Sosrowijayan adalah salah satu jalan terkenal di Yogyakarta yang sangat digemari oleh wisatawan asing. Jalan ini terletak tepat di sebelah wilayah yang dikenal sebagai "lampu merah" atau Pasar Kembang, yang merupakan tempat berbelanja yang populer di kota ini. Dengan lokasinya yang strategis, Jalan Sosrowijayan sangat dekat dengan Jalan Malioboro, Kraton Yogyakarta, dan berbagai tempat wisata lainnya seperti Taman Sari dan alun-alun. Selain itu, Jalan Sosrowijayan juga berdekatan dengan Stasiun Tugu, sehingga sangat mudah dijangkau oleh wisatawan.

Karena kedekatannya dengan berbagai tempat wisata dan fasilitas penting lainnya, tidak heran jika Jalan Sosrowijayan menjadi pilihan utama para wisatawan asing untuk mencari penginapan. Pada pagi atau petang hari, kita dapat melihat banyak turis berkeliaran di Jalan Sosrowijayan, kebanyakan dari mereka memakai celana selutut dan sandal gunung. Jalan ini menawarkan pengalaman berbeda dengan melihat pemandangan sehari-hari kota yogyakarta dan mencicipi kuliner setempat.

13. Titik Nol Kilometer Jogja

Nol Kilometer adalah sebuah patokan geografis yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan jarak antara daerah-daerah di Yogyakarta atau kota-kota lain di luar Yogyakarta. Berlokasi di depan Alun-alun Utara, Nol Kilometer dikelilingi oleh area pejalan kaki yang cukup luas dan dilengkapi dengan kursi-kursi taman. Kawasan sekitar Nol Kilometer ini merupakan kawasan wisata sejarah yang memiliki banyak bangunan-bangunan bersejarah. Di sekitar titik nol terdapat bangunan-bangunan kuno yang sering disebut sebagai loji, yaitu bangunan-bangunan tua yang besar dari peninggalan Belanda.

Di sebelah selatan Nol Kilometer terdapat beberapa gedung penting seperti Gedung Bank Indonesia, Kantor Pos, dan Gedung BNI yang berdekatan dengan jalan menuju Kraton. Di sebelah utara Nol Kilometer terdapat beberapa tempat penting seperti Istana Gedung Agung, Jalan Malioboro, Benteng Vredenburg, serta Monumen Serangan Umum 1 Maret. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi ketika di Yogyakarta karena memiliki sejarah yang kaya dan menawarkan pemandangan yang indah.

14. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Raya Yogyakarta atau lebih dikenal dengan nama Kagungan Dalem Masjid Gedhe Kauman adalah salah satu masjid bersejarah yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Masjid ini merupakan bagian penting dari Kesultanan Yogyakarta dan menjadi simbol keberadaan Yogyakarta sebagai kerajaan Islam. Masjid ini dibangun pada tahun 1773 di sisi barat Alun-Alun Utara dan barat daya Pasar Beringharjo, yang berdekatan dengan bangunan keraton.

Masjid ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta, karena arsitektur yang indah dan sejarah yang kaya. Pada saat ini masjid ini masih di fungsikan sebagai tempat ibadah dan juga sebagai tempat pengajian bagi kaum muslimin di sekitar Yogyakarta. Selain itu, Masjid ini juga menjadi tempat wisata yang digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

15. Situs Warungboto

Situs Warungboto, Umbul Warungboto, atau Pesanggrahan Warungboto adalah sebuah kompleks situs cagar budaya yang terletak di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Secara administratif, situs ini meliputi dua wilayah kecamatan yaitu Kelurahan Rejowinangun dan Kelurahan Warungboto.

Bangunan utama situs ini, yang tersisa saat ini, terletak di Jalan Veteran No.77, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Bangunan-bangunan yang tersisa di Kelurahan Rejowinangun adalah benteng pesanggrahan di sebelah timur Sungai Gajah Wong. Situs ini dulunya bernama Pesanggrahan Rejawinangun dan digunakan sebagai sebuah pesanggrahan dan pemandian.

Situs Warungboto merupakan salah satu situs yang penting dari sejarah Yogyakarta karena memiliki peran penting dalam perjuangan rakyat yogyakarta pada masa penjajahan Belanda. Situs ini diakui sebagai Situs Warisan Nasional sejak tahun 1982, karena itu situs ini di jaga dan dilestarikan oleh pemerintah setempat. Situs ini juga menjadi tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

16. Sumur Gumuling

Sumur Gumuling adalah sebuah bangunan bersejarah yang terletak di kompleks Pesanggrahan Tamansari di Keraton Yogyakarta. Bangunan ini dibangun pada era Sri Sultan Hamengku Buwono I dan II dan digunakan sebagai masjid. Namun, uniknya bangunan ini tidak memiliki tampilan seperti masjid pada umumnya. Bentuknya seperti sumur yang berbentuk lingkaran dan dalam, dengan diameter dinding luar sekitar enam meter dan lingkaran di dalam sekitar empat meter.

Bangunan ini memiliki dua lantai, yang digunakan sebagai tempat ibadah atau aktivitas lain. Lantai pertama, yang berada di bawah tanah, diperuntukkan untuk jamaah wanita dan memiliki cahaya yang masuk melalui lingkaran di atas. Lantai ini memiliki satu ceruk dinding sebagai mihrab, tempat pengimaman, dan delapan pintu lengkung yang menyerupai ruang pengimaman di sebelah barat. Ukuran ruangan itu cukup kecil dengan lebar sekitar satu meter, tinggi 1,65 meter, dan panjang 3,5 meter.

Lantai kedua yang terletak di atas tanah digunakan sebagai tempat ibadah bagi jamaah pria, dengan ukuran yang sama dengan lantai pertama. Di lantai ini juga terdapat lingkaran di atas yang membuat cukup terang di dalam ruangan.

Sumur Gumuling merupakan salah satu bangunan yang unik dan menarik dari kompleks Tamansari yang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I. Kini, bangunan ini masih dapat dikunjungi dan dijadikan tempat wisata sejarah bagi wisatawan yang berminat untuk mengenal sejarah dan arsitektur bangunan tradisional yogyakarta.

17. Jogja Gallery

Jogja Gallery adalah sebuah galeri seni visual yang berlokasi di Yogyakarta, Indonesia. Galeri ini didirikan pada 19 September 2006 dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Berlokasi di Jl. Perkapalan No. 7, alun-alun utara, Yogyakarta.

Gedung yang digunakan sebagai Jogja Gallery sebelumnya adalah Gedung Teater Suboharsono yang dibangun pada tahun 1929, sehingga sejak awal bangunan ini memang telah digunakan untuk seni dan sekarang Jogja Gallery melanjutkan fungsinya sebagai tempat yang strategis untuk menampilkan berbagai hasil karya seni.

Jogja Gallery merupakan tempat yang tepat untuk menyelenggarakan berbagai acara seperti pameran lukisan, seni rupa, proyeksi film, dan berbagai acara budaya lainnya. Dengan mengunjungi website resmi https://jogjagallery.

18. Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta (Ngayogyokarto) adalah sebuah wisata budaya yang terletak di Jalan Sri Wedani No 1, Yogyakarta. TBY merupakan sebuah kompleks gedung yang digunakan sebagai tempat pameran, pertunjukan, dan berbagai kegiatan seni lainnya.

TBY merupakan sebuah pusat budaya yang memiliki fungsi sebagai tempat pengembangan dan pengolahan pusat dokumentasi, etalase, dan informasi seni budaya dan pariwisata. Pusut ini menawarkan pameran-pameran seni dan pertunjukan-pertunjukan drama yang digelar dari waktu ke waktu.Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website resmi TBY di https://tby.jogjaprov.go.id atau melalui akun Instagram di https://www.instagram.com/tamanbudayayogya/?hl=id

19. Museum Kereta Keraton Yogyakarta

Museum Kereta Kraton Yogyakarta adalah sebuah museum yang berisi koleksi-koleksi peninggalan Sri Sultan HB IX. Museum ini terletak di area Keraton Yogyakarta dan buka setiap hari dari Senin - Minggu pukul 09.00 - 16.00 WIB.

Di dalam museum ini, pengunjung dapat menemukan berbagai koleksi yang menarik, mulai dari foto-foto, piagam, medali, tanda jasa, surat keputusan presiden, baju-baju bersejarah, koleksi mobil-mobilan yang digunakan oleh Sri Sultan saat kecil, peralatan memasak, kamera yang sering digunakan oleh beliau, dan benda-benda lain yang menarik.

Museum ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mengenal sejarah dan kebudayaan Kerajaan Yogyakarta secara lebih mendalam.

20. Kids Fun Galeria Mall

K-Fun Cafe adalah sebuah cafe yang terletak di Galeria Mall Yogyakarta pada lantai 3. Cafe ini menyediakan beragam pilihan menu, seperti aneka kopi, pasta seperti Spaghetti Aglio Olia dan Fettucinne Carbonara, makanan ringan seperti Chicken Wings with Fries dan Sandwich With Fries, dan juga menu utama seperti Chicken Cordon Bleu. Cafe ini cocok dikunjungi bersama keluarga untuk menikmati berbagai menu yang ditawarkan yang pasti akan memanjakan lidah Anda. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi website di https://kidsfun.co.id/practical_info

21. Cemeti - Institute for Art and Society

Cemeti – Institut untuk Seni dan Masyarakat adalah platform tertua seni kontemporer di Indonesia, didirikan di Yogyakarta tahun 1988 oleh Mella Jaarsma dan Nindityo Adipurnomo. 

Cemeti menawarkan platform bagi seniman dan praktisi kebudayaan untuk mengembangkan, menyajikan, dan mempraktikkan aktivitas mereka lewat kolaborasi bersama kurator, peneliti, aktivis, penulis dan performer, serta komunitas lokal di Yogyakarta.

Program-program pada platform ini mengambil bentuk pameran, lokakarya, diskusi, pertemuan, publikasi, proyek penelitian jangka panjang, dan program residensi seniman selama tiga bulan (diadakan dua kali setahun).

Slogan ‘Institut untuk Seni dan Masyarakat’ mulai digunakan tahun 2017 dalam rangka mengekspresikan komitmen organisasi terhadap praktik artistik yang terlibat secara sosial dan politik, mengeksplorasi kemungkinan galeri untuk bertindak sebagai situs penting bagi aksi-aksi sipil.

Sumber: Cemeti.art

22. Affandi Museum

Museum Affandi di Jogja adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi bagi pecinta seni lukis. Museum ini buka setiap hari dari pukul 09.00-16.00. Tarif masuk museum ini adalah Rp. 100.000 untuk pengunjung internasional dan Rp. 50.000 untuk pengunjung lokal, yang termasuk gratis minuman ringan dan souvenir. Biaya tambahan yang dikenakan adalah Rp. 30.000 untuk kamera, dan Rp. 20.000 untuk kamera handphone. Adapun tarif khusus diberikan kepada rombongan, pelajar perorangan, dan lansia (60 tahun ke atas) dengan menunjukkan kartu identitas. Koleksi museum ini sangat rapuh, jadi tolong jangan terlalu dekat atau menyentuhnya. Tas besar, payung, dan botol berisi minuman atau cairan lainnya harus ditinggalkan di luar ruangan. Merokok juga dilarang di seluruh gedung. informasi lebih lanjut dapat di akses di https://www.affandi.org/visit/opening-hours"

23. Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama

Museum Pusat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Dharma Wiratama merupakan sebuah tempat yang unik dan menarik bagi para pencinta sejarah dan militer. Museum ini didedikasikan khusus untuk mengabadikan bakti prajurit TNI Angkatan Darat dan sejarah perjuangan Indonesia. Terletak di Jl. Jend. Sudirman No.75, Terban, Kota Yogyakarta, Museum ini menjadi surga bagi para pencinta sejarah dan militer untuk mengetahui lebih dalam tentang perjuangan dan jasa para prajurit.

24. Tebing Bereksi 

Tebing Breksi adalah tujuan wisata yang unik dan menarik di Yogyakarta. Terletak di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, tempat ini dikenal dengan perbukitan batuan breksi yang terukir dengan indah dan bentuk-bentuk unik yang membuat Tebing Breksi sangat menarik untuk dikunjungi. Ini menjadi tempat wisata yang sangat Instagramable, dengan panorama yang memukau dan sudut-sudut yang menarik untuk difoto.

Tebing Breksi telah menjadi salah satu tempat wisata yang populer di kalangan pecinta fotografi dan para pelancong yang berkunjung ke Jogja. Selain itu, Tebing Breksi termasuk dalam salah satu wisata baru di Jogja yang menjadi tempat wisata yang akan menjadi pilihan untuk wisata di jogja.

Alamat: Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

  • Harga Tiket Masuk Taman Tebing Breksi
  • Tiket Masuk Wisatawan Lokal: Rp10.000
  • Tiket Parkir Mobil: Rp5.000
  • Tiket Parkir Elf/Minibus: Rp15.000
  • Tiket Parkir Bus: Rp25.000

26. Museum Sandi (Indonesian Cryptology Museum)

Museum sejarah enkripsi. Alamat: Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

27. Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman

Alamat: Jl. Bintaran Wetan No.3, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

28. Purawisata Amphitheater - Jogja

Pertunjukan tarian tradisional dan pilihan bersantap dengan hidangan lokal.

Alamat: Jl. Brigjen Katamso Jl. Ireda, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55152

29. Langgeng Art Foundation

  • Senin - Sabtu, pukul : 09.00 WIB - 18.00 WIB, Minggu dan hari libur nasional : Libur
  • Fasilitas Langgeng Art Foundation
  • Terdapat 3 ruang gallery : Area atas, Area Lobby dan Basement
  • Tiket Masuk Gratis
  • Info Selengkapnya :
  • Langgeng Art Foundation , Jalan Suryodiningratan No. 37 Mantrijeron Yogyakarta
  • Telepon : +62 274 417043
  • Website : http://www.langgengfoundation.org

30. Museum Perjuangan

Museum Perjuangan Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang cocok dikunjungi bagi mereka yang ingin lebih mengetahui sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Museum ini terletak kurang lebih 2 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Kolonel Sugiyono No.24, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153. Museum ini menyimpan koleksi yang sangat berharga mengenai perjuangan bangsa Indonesia, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Museum ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh para pelajar, pencinta sejarah, maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

31. Bungker Kaliadem

Bungker Kaliadem adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan pengalaman yang luar biasa untuk merasakan keindahan dan keagungan Gunung Merapi. Tempat ini merupakan wisata di Jogja yang sedang viral di TikTok dan Instagram, dan cocok dikunjungi oleh mereka yang mencari pengalaman yang berbeda.

Bungker Kaliadem terletak di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia dan sekitar 25-30 km utara dari Kota Yogyakarta. Tempat ini menyajikan pemandangan yang spektakuler dari Gunung Merapi, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Gunung Merapi. Selain itu, Bungker Kaliadem juga merupakan tempat yang cocok untuk para pecinta hiking, panoramic view dan fotografi.

32. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Taman hiburan ini adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi oleh seluruh keluarga. Terletak di Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284, taman hiburan ini menyajikan berbagai wahana yang sesuai untuk anak-anak dan dewasa. Beberapa wahana yang ditawarkan meliputi bianglala raksasa, zipline, dan Segway. Taman hiburan ini menawarkan hiburan yang menyenangkan dan seru untuk seluruh keluarga, serta sangat cocok untuk dikunjungi saat liburan atau akhir pekan.

33. The Lost World Catle Jogja

Wisata di Sleman jogja yang menyuguhkan untuk pecinta foto instagramable. 

  • Alamat : Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman.
  • Tiket Masuk : Rp. 25.000,- tiap orang.
  • Buka : 07.00 - 18.00 Wib.

34. Plengkung Nirbaya Gading

Menjelajahi bekas benteng kekaisaran di Jogja merupakan pengalaman yang tidak dapat dilupakan. Dikelilingi oleh panorama yang indah, serta arsitektur yang megah, benteng ini memberikan kesan yang sangat kuat.

Jalan setapak di atas benteng ini menawarkan pemandangan yang spektakuler, yang dapat menyuguhkan pandangan yang luar biasa dari kota Jogja. Dinding-dinding yang tinggi menambah kesan mistis dan menambah keunikan dari tempat ini.

Gerbang monumental yang memasuki benteng ini merupakan ciri khas dari benteng ini. Dengan arsitektur yang megah, gerbang ini menjadi salah satu objek wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Alamatnya berada di Jl. Patehan Kidul No.4, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133. Benteng ini terbuka 24 jam, sehingga kamu dapat mengunjungi kapan saja yang kamu inginkan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi bekas benteng kekaisaran di Jogja ini dan merasakan sensasi yang luar biasa!

35. Selfie Park Taman Pule

Wisata outdoor dengan patung & latar belakang foto yang dibuat menggunakan material alami.

Alamat: Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161

 36. Museum Dewantara Kirti Griya

Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya merupakan museum peninggalan dari tokoh pendidikan Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara yang berupa rumah dan pendapa. Selain itu, museum juga menampilkan koleksi peninggalan barang-barang yang dipakai oleh Ki Hadjar Dewantara beserta keluarga. 

Alamat: Jl. Taman Siswa No. 31, No No.25, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55151

37. Kampung Wisata Rejowinangun

Alamat: Jalan Nyi Adisari, Gg. Dahlia I pilahan KG I No.722, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

38. Bendhung Lepen

Bendung Lepen berada di Kampung Mrican, Rukun Kampung Ponggakan, Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. 

39. Alun-alun Selatan Yogyakarta

Menawarkan wisata malam di jogja, Alun-alun yang terkenal dengan hiburan malam, rental gokar berlampu neon, kios camilan, bar, dan musik ceria.Wisata ini cocok untuk mengajak keluarga dan sahabat untuk menikmati suasana jogja di alun alun selatan jogja.

Alamat: Jl. Gading, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

40. Bentara Budaya Yogyakarta (BBY)

Alamat: Jl. Suroto No.2, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

41. Museum Monumen Pangeran Diponegoro Sasana Wiratama

Museum Monumen Pangeran Diponegoro adalah museum sekaligus monumen kediaman Pangeran ketika dikepung oleh pihak Belanda. 

Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto TR-III/430, Tegalrejo, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244

42. Jogja BAY WATERPARK

Jogja Bay Waterpark atau Jogja Bay adalah salah satu taman wisata air atau waterpark terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Yogyakarta, Indonesia. Taman wisata air ini dibuka secara resmi pada 20 Desember 2015. 

Alamat : Jl.Utara Stadion, Dusun Jenengan, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Tiket Masuk : Rp. 125.000,.

Buka : 09.00 - 16.00 Wib.

43. Pasar Ngasem

Ngasem atau Pasar Ngasem adalah pasar yang dulunya menyediakan hewan peliharaan, khususnya burung yang terbesar di Yogyakarta. Saat ini Pasar Ngasem sudah tak lagi menjual burung, tetapi menjual produk konsumen. 

Alamat: Jl. Polowijan No.11, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

44. Sekretariat Sementara Museum Anak Kolong Tangga

Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga atau dahulu bernama Museum Anak Kolong Tangga merupakan museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia. 

Alamat: Jl. Tirtodipuran No.26, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

45. Umbul Binangun

Umbul Binangun adalah bagian dari taman sari jogja.
Alamat: Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

46. Sangkring Art Space

Seni modern di tempat bergaya industri

47. Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu dewa Brahma sebagai dewa pencipta, dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan dewa Siwa sebagai dewa pemusnah. 

Alamat: Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket Masuk :  Rp. 40.000,

48. Monumen Yogya Kembali

Museum Monumen Yogya Kembali biasa dikenal sebagai Monumen Jogja Kembali disingkat Monjali adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Alamat:Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

49. Taman Pelangi Jogja

Taman Pelangi Yogyakarta merupakan tempat wisata malam yang menampilkan warna-warni lampu lampion, sehingga terlihat seperti pelangi. Taman wisata ini terletak di Jalan Padjajaran, dan berada di lokasi Museum Monumen Yogya Kembali Yogyakarta. 

Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

50. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Museum Pusat TNI AU "Dirgantara Mandala" adalah museum yang digagas oleh TNI Angkatan Udara yang berisikan benda-benda koleksi sejarah, dimana sebagian besarnya berupa pesawat terbang yang pernah mengabdikan diri di lingkungan TNI AU. 

Alamat: Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Raya Janti, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

  • HTM: Rp.6000,

51. Candi Ijo Yogyakarta

Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu, berada 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kira-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun antara abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram.

  • Hal terbaik yang bisa anda lakukan: Menanti sunset.
  • Alamat : Dusun Kikis, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman.
  • Tiket Masuk : Rp. 5.000,- perorang.

Buka : 08.00 - 17.00 Wib.

52. History Of Java Museum

History of Java Museum adalah museum sejarah Pulau Jawa yang berlokasi di Yogyakarta. Museum ini beroperasi pada akhir Desember 2018. Koleksi museum ini berupa benda purbakala masa prasejarah sampai kerajaan-kerajaan lama, seperti Tarumanegara, Majapahit, Demak Bintaro, Cirebon, dan Mataram Islam. 

Alamat: Jl. Parangtritis Km 5.5 ( Pyramid Cafe) Tarudan Bangunharjo Sewon Bantul Regency Special Region of Yogyakarta Tarudan, Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55188

53. Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah candi Hindu yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisinya kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelah barat kompleks Candi Prambanan. 

Alamat: Jl. Candi Sambisari, Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

54. Pendhapa Art Space

 Pendapa Art Space adalah sebuah mahakarya dari sebuah ruang seni yang didirikan oleh Dunadi (pematung) di Yogyakarta, yang menyediakan fasilitas bagi terselenggaranya kegiatan seni dan budaya bagi para seniman dan masyarakat.

Tempat ini merupakan destinasi wisata seni yang lengkap. Pengunjung bisa menginap, sekaligus berkarya membuat karya seni, melihat pertunjukan seni, menikmati pameran lukisan dan patung, bahkan berdiskusi dengan para seniman Indonesia.

Jl. Prof. Dr. Wirjono Projodikoro, Tegal Krapyak RT.01, Glugo, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188.

55. Galaxy Waterpark

Taman rekreasi air dengan seluncuran, kolam renang, kolam arus, tempat bermain anak, & restoran.

Alamat: Jl. Wonosari No.6, Kalangan, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55196

56. Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon adalah sebuah museum wayang yang berada di Kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Jogja-Wonosari Km.7 No.277, kurang lebih 1 km dari Jl. Majapahit. 

Alamat: Jl. Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55197

57. Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta

Terkenal dengan kerajinan tembikarnya, desa ini memiliki demonstrasi & kerajinan untuk dijual.

Alamat: Jl. Kasongan No.3, Kajen, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

58. Mini Zoo Jogja Exotarium (pintu utama)

Kebun binatang kecil dengan reptil, hewan ternak, dan ikan, serta pengalaman langsung dan taman bunga.

Alamat: Jl. Kabupaten No.99 Duwet, Duwet, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 5528559. Masjid Gedhe Mataram Kotagede

60. Embung Tambakboyo

Embung atau Waduk Tambakboyo adalah konservasi air yang terletak di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk ini memanfaatkan sumber air dari sungai Tambak Bayan dan sungai Buntung. Waduk ini memiliki luas 7,8 hektare. 

Alamat: Ngringin, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

61. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Bantul. Wisata alam ini berlokasi di Sendangsari, Desa Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger mudah dijangkau karena terletak dipinggir jalan Patuk-Dlingo km 4,5. 

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

62. Candi Gebang

Candi Gebang adalah candi yang terletak di Dusun Gebang, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini ditemukan oleh penduduk lokal pada bulan November 1936, tetapi hanya berupa arca Ganesa. 

Alamat: Gebang, Jl. Jetis Raya, Jetis, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584

63. Balong Waterpark

Taman rekreasi air di Banguntapan, Taman air berukuran kecil yang cocok untuk keluarga dengan perosotan, kolam bermain anak & tempat makan.

Alamat: Jl. Pleret No.KM. 1,5, Banjardadap, Potorono, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55194

64. Upside Down World Jogja

Alamat : Jl. Ring Road Utara No. 18, Puyeran, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Tiket Masuk : Rp. 80.000,- 

Buka : 09.00 - 19.00 Wib.

65. Seribu Batu Songgo Langit

Alamat : Jl. Hutan Pinus Nganjir, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket Masuk : Rp. 3.000,-

Buka : Mulai pukul 06.00 - 20.00 Wib.

66. Grand Puri Water Park

Alamat: Jl. Parangtritis KM. 9,5, Gabusan, Balong, Timbulharjo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186

67. Puncak Sosok

Puncak bukit populer dengan panorama kota & matahari terbenam, serta kios makanan & sesekali musik live.

Alamat: Jambon, Bawuran, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

68. Kampung Flory Jogja

Desa wisata dengan taman & resto, plus terapi ikan, kegiatan memetik buah & aktivitas anak.

Alamat: Rt 05, Rw 11, Jugang, Plaosan, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511

69. Goa Selarong

Gua Selarong atau bisa disebut Gua Diponegoro, adalah gua bersejarah sekaligus tempat wisata alam dan religi yang terletak di Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Alamat:  Waktu Gedug, Guwosari, Kec. Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

70. Kids Fun Park (Pusat)

Taman petualangan dengan seluncuran air & area percik, serta gokar, zip line & wahana anak-anak.

Alamat: Jl. Wonosari No.KM 10, Asem Ngecis, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

71. Puri Mataram

Puri mataram adalah salah satu Destinasi wisata yang ada di Yogyakarta tepatnya di Desa Drono, Tridadi, Sleman, Yogyakarta. Jika dihitung dari pusat kota, maka jarak tempuhnya 8 km atau sekitar 30 menit perjalanan. 

Alamat: Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511

72. Lava Bantal

Jl. Berbah - Prambanan, Jragung, Kalitirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573

73. Museum HM Soeharto

Memorial Jenderal Besar H. M. Soeharto adalah adalah bangunan bersejarah berbentuk museum yang menyimpan memoar dan peninggalan-peninggalan Jenderal Besar TNI Soeharto yang diresmikan pada tahun 2013.

Alamat:  Jl. Kemusuk Lor Jl. Nulis-Puluhan, Srontakan, Argomulyo, Kec. Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55752

74. Taman Bunga Puri Mataram

Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511

75. Candi Abang

Candi Abang adalah sebuah candi Hindu yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Alamat:  Blambangan, Jogotirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573

76. Pasar Seni Gabusan (PSG)

Pusat kerajinan yang menjual perhiasan, batik & suvenir, dengan wahana pekan raya & penjual kuliner kaki lima.

Alamat: Jl. Parangtritis, Balong, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55185

77. Taman Tempuran Cikal

Alamat: Cikal, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

78. Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung merupakan desa wisata budaya dan pendidikan dengan icon rumah joglo jawa dimana di desa ini kita bisa belajar mengenai filosofi joglo.

Desa Tanjung, Ponason, Donoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

79. Wisata Aqua Splash bantul

Alamat: Asem Ngecis, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

80. Taman Puspa Gading Tegaldowo Bantul Yogyakarta

Taman yang dipenuhi bunga, patung hewan, dan jembatan gantung, plus kolam renang anak-anak & kedai makanan.

Alamat: Jl. Grujugan, Grujugan, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

81. Museum Sejarah Purbakala Pleret

Museum Sejarah Purbakala Pleret adalah salah satu museum yang berada di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Museum Sejarah Purbakala Pleret yang berada di Dusun Kedaton ini menyimpan benda cagar budaya yang sebelumnya ditemukan di sekitar Kabupaten Bantul.

Alamat: Jl. Pleret, Kedaton, Pleret, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55797

82. Taman Wisata Batu Kapal

Berenang dan bersantap santai di sungai, Melompat dari batu di area berenang & berkumpul yang populer plus pondok tepi sungai untuk camilan & minuman.

Alamat: Jl. Klenggotan, Menguten, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

83. Desa Wisata Grogol

Disini kita bisa bermain air, berbagai wahana outbound. Wisata jogja cocok untuk berlibur bersama keluarga. Tempatnya sangat adem dengan pohon yang masih rimbun di sekitaran kolam air. 

Alamat: Grogol, Kadipiro, Margodadi, Kec. Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55561

84. Kedung Pengilon

Kedung atau kolam alami dengan air terjun pendek kita bisa menikmati pesona kedung tersebut. Lingkungan di sekita kedung juga masih asri, hanya saja tempat ini masih tersembunyi dan tidak cukup populer di destinasi wisata Jogja. Maka dari itu tempat ini masih perlu untuk di explore untuk anda yang senang berpetualangan.

Alamat: Kasihan, Petung, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

85. CitraGrand Mutiara Waterpark

Ban seluncur di aliran plus deretan batu, Alamat: Perumahan Citra Grand Mutiara, Jl. Wates, Perengdawe, Balecatur, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55752

86. Setren Opak

Setren Opak adalah salah satu destinasi wisata baru di Sitimulyo yang menyuguhkan wisata kuliner dan susur sungai Opak dengan perahu di Pedukuhan Karangploso, tempat ini mirip tempat wisata taman glugut yang ada di Wonokromo. Akses jalan menuju tempat ini jg mudah bisa untuk mobil parkiran luas dan jajan murah. Sangat rekomendet untuk anak-anak. Tempat wisata sungai opak atau setren opak di Piyungan ini terbilang baru jadi masih tahap pembenahan.
Alamat: Karangploso, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Demikian artikel tentang Explore 86 Destinasi Wisata Jogja paling populer 2022 semoga bermanfaat!!!

Posting Komentar untuk "86 Destinasi Wisata Jogja dari sejarah sampai kekinian ada di sini"