Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Manfaat Solo Traveling yang Ternyata bikin ketagihan, Cobain Kuy!

Manfaat Solo Traveling
Solo traveling atau bepergian sendiri bisa menjadi pilihan untuk menikmati ruang sendiri di tempat asing dan bertemu dengan orang asing. Bosan dengan rutinitas, kita membutuhkan ruang untuk diri sendiri dan menghadapi tantangan baru melalui solo traveling.

Kenapa harus solo traveling saat ada teman jauh lebih asik? Beberapa teman sering menanyakan perihal kenapa pergi sendiri tidak ajak ajak. Sendirian ngapain? macam orang hilang linglung sendirian. Why?

Tapi, setelah kalian tahu apa esensi solo travelling mungkin akan ketagihan pergi sendirian lagi. Berikut ini adalah beberapa fakta yang saya dapatkan dari solo traveling atau pergi sendiri ke tempat asing.

1. Bebas Explore

Tentu setidaknya saya bisa lebih leluasa menentukan destinasi yang akan saya tuju seenak saya tanpa rasa tidak enak pada teman. Misalnya tiba-tiba dijalan menemukan suatu yang menarik saya bisa berhenti sewaktu waktu.

Bebas memilih tempat dan tujuan. Misalnya tujuan kita Pulau Bali, tapi setelah sampai di Jawa Timur ternyata banyak tempat menarik maka kita bisa explorasi terlebih dahulu. 

Intinya kita tidak terikat pada tujuan utama. Berbeda ketika kita bersama seseorang, ketika kita pindah haluan akan tidak enak.

2. Ruang sendiri

Butuh ruang sendiri, membebaskan diri dari orang di lingkungan. Rutinitas membuat kita jenuh, karena berada di lingkungan yang itu itu saja. Maka solo traveling memberikan ruang untuk kita metime, freeme, freedom. dengan begitu kita akan mendapatkan pengalaman baru dari lingkungan yang kita kunjungi.

3. Biaya irit

Biaya lebih irit,. haha ini alasan nyleneh bukan maksud saya pelit perihal apapun kepada teman. tapi jika dihitung secara matang traveling sendiri jauh lebih hemat biaya.

Meskipun ketika bersama teman atau sahabat kita bisa mendiskusikan perihal biaya perjalanan kita pasti tidak enak ketika membayar berbagai keperluan.  Lebih lebih sama pacar.

hahhaa Ya setidaknya dengan solo traveling saya lebih berhemat salah satu alasannya.

4. Melatih Life Skill

Manfaat solo traveling selanjutnya adalah melatih life skill. Selama ini kita terlalu banyak membaca teori life skill di berbagai media, sekarang kita praktek di real life apakah benar atau tidak. karena terkadang teori sama praktek bisa berbeda.

Melakukan perjalanan sendiri bisa melatih mental kita untuk menghadapi dunia baru, entah kita siap atau tidak, kita tidak pernah tahu apa yang ada di hadapan kita.

5. Mengenal diri sendiri

Manfaat solo traveling bisa mengenal kemampuan diri. Kadang kalau kita terlalu di dalam zona nyaman akan tidak mengenal diri kita siapa. Kita tidak mengenali kemampuan kita sendiri. Dengan solo traveling, kita akan bisa mengenal diri kita sendiri, sampai manakah kemampuan diri kita untuk bertahan ditengah kesulitan yang kita hadapi sendirian di negeri orang. Bahkan kita akan teringat pada hal yang telah terlupakan karena kita terlalu sibuk dengan rutinitas. 

6. Mendapatkan teman baru

Lebih baik lagi jika kita bisa mengenal orang baru di perjalanan. tapi harus hati-hati, karena tidak semua orang bisa berbuat baik, ini butuh pengalaman. Jika sampai bermasalah, maka ini saatnya kita menghadapinya secara langsung, bagaimana keterampilan kita diuji dengan permasalahan orang baru dan model baru.

8. Percaya diri

Mau tidak mau saat kita tidak tahu harus mau bertanya. jika selama ini masih memiliki kecanggungan secara sosial maka manfaat solo traveling kita akan dilatih percaya diri untuk menghadapi orang lain yang belum kita kenal sebelumnya. Kita menjadi lebih berani karena terpaksa. heeh

9. Memberi ruang sendiri pasca patah hati

Rasa pergi sendiri pasca patah hati sangat menyenangkan sekaligus mengagumkan. perasaan yang semula terasa menyedihkan, saat pergi sendiri seperti melepaskan beban. Meski tidak bisa melupakan, setidaknya ada sebuah warna baru dalam mengartikan kehilangan. jiah!!

10 Melatih Manajemen waktu 

Jika anda memiliki waktu yang terbatas untuk berlibur mungkin solo traveling akan memberikan manfaat untuk melatih bagaimana manajemen waktu. Anda harus menyiapkan to do list sebelum berangkat. Perhitungan setiap kunjungan, pergi dan pulang. Para Pekerja kreatif tanpa ikatan mungkin sering melalaikan manajemen waktu, dengan mencoba bepergian sendiri anda bisa lebih menghargai waktu yang selama ini terbuang.

Itulah 10 manfaat solo traveling yang sebenarnya masih banyak manfaat! Sebisa mungkin bahwa traveling kita bukan untuk foya-foya tetapi untuk lebih belajar tentang diri sendiri dan orang lain. 

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Solo Traveling yang Ternyata bikin ketagihan, Cobain Kuy!"